Selasa, 02 November 2010

GUNUNG MERAPI



1.Letak Geografis adalah
Posisi geografis kawasan TN Gunung Merapi adalah di antara koordinat 07° 22' 33"- 07°52'30"LS dan 110°15'00"-110°37'30"BT.Sedangkan luas totalnya sekitar 6.410 ha,dengan 5.126,01 ha di wilayah Jawa Tengah dan 1.283,99 ha di Daerah Istimewa Yogyakarta.Kawasan TN G Merapi tersebut termasuk wilayah kabupaten-kabupaten Magelang,Boyolali dan Klaten di Jawa Tengah,serta Sleman di Yogyakarta.
Peta gunung berapi dan gambar gunung merapi




Ketinggian gunung merapi
Wilayah TN G Merapi berada pada ketinggian antara 600-2.968 m dpl.Topografi kawasan mulai dari landai hingga berbukit dan bergunung-gunung.Di sebelah utara terdapat dataran tinggi yang menyempit di antara dua buah gunung,yakni Gunung Merapi dan Gunung Merbabu di sekitar Kecamatan Selo,Boyolali.Di bagian selatan,lereng Merapi terus turun dan melandai hingga ke pantai selatan di tepi Samudera Hindia,melintasi wilayah kota Yogyakarta.Pada sebelum kaki gunung,terdapat dua bukit yaitu Bukit Turgo dan Bukit Plawangan yang merupakan bagian kawasan wisata Kaliurang.
2.Juri kunci
pihak yang berwenang:SULTAN HB X











Daftar petugas kunci:MBAH MARIJAN 











3.AKTIFITAS
Urutan gunung meletus :
Yogyakarta ( Berita ) : Aktivitas vulkanik Gunung Merapi (2.965 mdpl) di perbatasan wilayah Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dan Jawa Tengah fluktuatif, statusnya masih ‘waspada’.
Kepala Seksi Gunung Merapi Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknik Kegunungapian (BPPTK) Yogyakarta Subandriyo kepada Wartawan, Rabu (9/05) mengatakan belum ada perubahan yang signifikan pada aktivitas gunungapi ini sejak erupsi 2006, dan statusnya masih ‘waspada’.
Ia menyebutkan aktivitas Merapi ditandai dengan gempa tektonik yang menyebabkan terjadi guguran lava (material vulkanik) serta gempa multiphase. 
GAMBAR Gunung meletus









4.EFEK
NEGATIF
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar